Monday, May 28, 2018

Cara menggunakan pupuk npk

CARA TEPAT mengaplikasikan PUPUK NPK MUTIARA
Pupuk NPK Mutiara saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian pekebun atau petani untuk menunjang pertumbuhan tanaman holtikultura buah dan sayur sayuran.
Faktanya memang pupuk NPK Mutiara memang sangat bagus untuk merangsang tanaman buah menghasilkan buah dan membuat tanaman sayur menjadi segar. Organ tanaman lainnya juga menjadi lebih kokoh dan juga membuat bunga dan buah tidak rontok.
Pupuk NPK Mutiara telah banyak dijual secara komersil kepada para petani dan pecintan tanaman buah. Walaupun begitu, aplikasi pupuk NPK ini tidak boleh sembarangan, ada aturan pakai dan dosis tertentu per umur tanaman yang harus diperhatikan.
Secara umum, aplikasi NPK Mutiara menggunakan dua cara. Yaitu, pertama diencerkan dahulu lalu diaplikasikan ke tanaman. Kedua langsung ditebar dalam bentuk padatan.
*Aplikasi NPK cair/diencerkan.
Membuat NPK cair
Alat & Bahan
– Siapkan 2 liter air
– Siapkan NPK padatan 1kg
– Siapkan wadah yang mampu menampung 2 Liter air
– Siapkan alat adukan
Cara membuat
– Campurkan 1kg NPK padatan ke dalam wada berisi 2 Liter air
– Aduklah dengan alat adukan sampai NPK padat larut dalam air
– Diamkan selama 5 – 10 menit untuk memastikan NPK cair sudah siap digunakan
– NPK cair siap digunakan.
Cara aplikasi
– Sebelum digunakan cairkan kembali 2 Liter NPK cair tadi kedalam 8 liter air aduk kembali sampai merata, ini khusus untuk tanaman sayuran.
-Jika tanaman buah buahan sebaiknya Anda membuat NPK cair sebanyak 4 L, lalu cairkan kembali ke dalam air 8 L
-Siramkan 200 mL NPK cair tersebut untuk satu tanaman
*Aplikasi NPK Padatan
– Untuk tanaman sayuran, berikan 100gr NPK padat atau setara dengan segenggam tangan anak anak untuk tiap tanaman yang usianya sudah satu bulan lebih.
– Untuk tanaman buah yang masih belum memasuki usia berbuahnya dapat melakukan pemberian NPK padatan dengan dosis yang sama seperti untuk tanaman sayuran.
– Sedangkan untuk tanaman buah yang sudah besar atau memang berkayu besar dan telah melewati usia berbuahnya, gunakan 1 kg NPK padatan atau kurang untuk setiap tanaman.
– Jangan berlebihan dalam aplikasi NPK, aplikasikanlah tiap dua bulan atau tiga bulan sekali
Semoga bermanfaat
Salam berkebun
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment