Monday, May 28, 2018

Cara membuat tanaman mangga cepat berbuah

TIPS MERANGSANG POHON MANGGA SEGERA BERBUAH (USIA BERBUAH)

Mungkin diantara kawan2 pecinta tanaman buah, terutama tanaman Mangga mengalami masalah yang menjengkelkan, yaitu pohon sudah saatnya berbuah tapi tak kunjung berbuah. Daun, dahan, cabang2 banyak tapi tak menampakan tanda tanda akan berbuah.

Nah berikut cara mudah merangsang tanaman mangga segera berbuah, bahkan dapat membuat pohon mangga Anda berbuah diluar musimnya.

*Pemangkasan daun(purning)

Pemangkasan daun bertujuan agar daun yang terlalu lebat bisa dikurangi, karena daun dan ranting yang terlalu lebat dapat menghalangi sinar matahari yang merupakan sumber energi bagi pohon dan juga bertujuan agar nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman dapat terfokus pada proses pembuahan.

Pemangkasan ranting dan daun sampai tersisa sedikit.

*Stressing air

Maksudnya adalah tidak melakukan penyiraman sampai pohon layu, kemudian dengan tiba-tiba menambah air sampai akar tergenang air hingga pangkalnya dalam kurun waktu tertentu

*Mengelupas Kulit Batang

Mengelupas kulit batang pohon dengan berbentuk lingkaran, ini berguna untuk menghambat proses pengangkutan sumber makanan sehingga nanti akan mengakibatkan penumpukan makanan pada pohon mangga, proses fotosintesis ini di harapkan akan mempercepat tumbuh bunga.

*Melukai kulit batang dengan pemakuan

Cara ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pemakuan pada batang dengan posisi kira-kira 3-5 cm dari atas permukaan tanah

*Mengikat batang pohon dengan kawat

Mengikat batang pohon dengan menggunakan kawat berfungsi untuk menghambat proses fotosintesis pada pembuluh floem, dampaknya pada percabangan pohon akan merangsang pertumbuhan bunga.

Cara tersebut diatas adalah pilihan, jadi sebaiknya jagan dilakukan sekaligus dalam satu waktu, cukuplah coba satu cara saja, jika belum berhasil silahkan coba lagi cara lainnya.

Semoga info ini bermanfaat.
Salam berkebun.
Berbagi itu indah.
Jangan lupa like dan komentnya 😀 😀 😀



No comments:

Post a Comment